Cara menghilangkan/mengusir sifat malas dan bahaya sifat malas bagi kesehatan tubuh manusia.

Cara menghilangkan sifat malas dan bahaya sifat malas bagi kesehatan tubuh manusia.

Malas, setiap orang pasti merasakan malas dalam melakukan suatu hal, malas bisa menyerang siapan saja, kapan pun, dan dimana pun.

Dalam suatu bahasa sikologi diartikan keengganan seseorang untuk melakukan sesuatu atas seharusnya dia lakukan atau sebaiknya dia lakukan.

WUJUT SIFAT MALAS BISA BEMACAM - MACAM DIANTARANYA :

1. Tidak disiplin
2. Menolak tugas
3. suka menunda sesuatu
4. Tidak tekun
5. Mengalihkan diri dari kewajiban dan selalu mencari alasan - alasan kebenaran

Tentu saja sifat ini berperilaku negatif yang sangat merugikan baik dimasa kini terlebih dimasa depan.

lalu mengapa malas itu hadir.....?

Sebab munculnya rasa malas diantaranya :


  1.  Hati kita tertarik pada hal - hal yang mengasikkan atau membuat kita lebih terlena, Contohnya : sepeti didur saat subuh, hal itu sangat nyaman dilakukan dan bermain gejet, hal ini membuat orang asik dengan dunianya dan akhirnya terlena sehingga seseorang tidak terasa kehilanga waktunya.
  2.  Belum adanya kesungguhan hati untuk berkomitmen dan mendisiplinkan hati baik dalam hal waktu tugas maupun ibadah dan jika tidak seseorang bener - bener mengikrarkan diri dan berusa mati - matian untuk disiplin atau tidak malas sampai kapan pun malas itu tidak mudah menyerang .
  3. Karena faktor pergaulan dan bagaimana mungkin kita mau disiplin, ibadah, dan mengerjakan tugas. sementara kita bergaulnya dengan orang yang malas, suka hura - hura dan sebagainya.


BAHAYA SIFAT MALAS BAGI KESEHATAN TUBUH MANUSIA

Bahaya sifat malas bagi kesehatan tubuh manusia, karena ternyata rasa malas yang berlebihan sangat berbahaya bagi kita. cotohnya: saat kita malas gerak maka bahayanya hampir sama dengan merokok, tetapi banyak orang malas gerak, suka berleha -leha tetapi hindari kebiasaan itu. karena kurang gerak atau tidak beraktivitas sama bahanya seperti merokok.

  Sebuah studi baru menjelaskan tidak bergerak dengan cukup atau malas gerak memiliki bahaya terhadap kesehatan seperti bahaya merokok dan dalam sebuah penelitian diketahui 5,3 juta kematian diseluruh dunia akibat kurang aktif secara fisik.
Sifat malas menimbulkan penyakit kronis
1. Tekana darah tinggi
2. penggunaan tembakau
3. koresterol tinggi

  Penelitian mengungkapkan seluruh dunia batwa orang - orang terlalu mengandalkan mobil dan jenis kendaraan lainnya, ketika berpergian. terlihat dikantor orang lebih banyak menghabiskan waktu dimeja kerja. kondisi yang sama juga terjadi pada remaja dan anak menghabiskan waktu menonton tv atau bermain vidio game dibanding bermain ditaman padahal kurangnya aktivitas ini berperan dalam hampir setiap penyakit kronis yang ada.

  Malas memang berbahaya bagi kita karena sifat malas awalnya dibentuk dari kebiasaan yang terus berulang - ulang  maka akhir akan menjadi sebuah sifat yang melekat pada diri manusia, dan bisa membawa manusia dalam sebuah kegagalan dalam menjalani kehidupan. jika begitu bagaimana cara mengusir rasa malas...?

CARA MENGUSIR RASA MALAS

1. Kita harus menyadari bahwa pentingnya waktu
   Kita harus menyadari bahwa pentingnya waktu. waktu adalah nikmat yang besar, ladang untuk        menuai kebaikan dan punya pengaruh yang sangat jelas.
   Allah swt berfirman : "Demi masa, sesungguhnya manusia itu bener - bener berada kerugian,      kecuali orang - orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat - menasehati supaya  mentaati kebenaran ( QS.AL-ASHR,AYAT 1-3)

  Dalam hal ini imam hasan Al-basri ra. berkata: Tidaklah berlalu sebuah hari bagi seorang anak  adam. kecuali, hari itu akan berkata kepadanya "Hai anak adam aku adalah harimu yang baru dan  apa yang engkau kerjakan untukku akan menjadi saksi. apabila aku telah pergi aku tak akan kembali  lagi , kerjakanlah sesukamu denga segera dan engkau akan menjumpainya dihadapanmu dan  akhirkanlah sesukamu maka dia tidak akan kembali kepadamu". maka jelas orang yang cerdas adalah  orang yang mampu mengisi hari - harinya dengan amal kebaikan dan menempatkan sisa hidup yang  ada denga segala pekara yang bermanfaat sebagai bekal menuju alam yang abadi dan bukan  bermalas- malasan yang tidak membawa manfaat sedikit pun.

2. Bergaul dengan teman yang baik
   Bergaul dengan teman yang baik, karena teman pengaruh yang sangat kuat bagi diri seseorang.  teman yang baik adsalah teman yang bisa mengajak kebaikan dan mendorong ketaatan, maka  berteman dengan orang yang rajin maka akn mendorong diri kita untuk ikut sepertinya.
  Rasulullah saw bersada : "perumpamaan teman yang baik dan teman yang jelek bagaikan penjual  minyak wangi dan tukang pandai besi . penjual minyak wangi , engkau akan memberinyaatau  engkau mendapat bau wanginya. Adapun tukang pandai besi, dapat membakar rumahmu , bajumu  atau engkau mendapat bau yang tidak enak". (HR.MUSLIM).

3. Membaca kisah - kisah semangat para salaf
   Membaca kisah - kisah semangat para salaf dapat mengusir sifat malas karena mereka generasi    terbaik umat ini bagaimana mereka dalam belajar, beribadah, beristikhomah diatasnya, maka  membaca kisah - kisah mereka bisa menggugah semangat jiwa yang sedang dilanda rasa malas
 
   selalu mengerjakan amal sholeh karena hal itu akan membawa kebaikan bagi pelakunya dan amalan  yang paling dicintai disisi allah swt adalah amalan yang terus dilakukan mekipun sedikit rasulullah  saw bersabda : "Amalan yang paling dicintai alah ta'ala adalah yang dikrjakan terus - menerus  meskipun sedikit (BR. Bukhari dan Muslim)

   Maka tidak diragukan lagi orang yang senantiasa mengisi hari - harinya dengan amal sholeh,  hatinya akan berpaling dari sifat malas dan sentiasa semangat atas izin allah, kemudian bila rasa  malas maka isi dengan kegiatan bermanfaat misalnya dengan membaca buku - buku islami yang kita  senangi olahraga dan kegiatan lainnya yang bermanfaat, tujuan hal ini adalah agar rasa malas yang  sedang kita alami tetap terkendali dengen mengerjakan sesuatu yang bermanfaat, tidak menyalahi  aturan agama.
   Rasulaullah saw bersabda: "Setiap amal perbuatan memiliki semangat dan setiap semangat  memiliki masa futur ( Kurang/lemah semangat ). Barang siapa yang masa futurnya menuju  sunnahku, maka dia telah berjalan diatas petunjuk. Dan barang siapa yang futurnya menuju kepada  selain sunnahku, maka dia telah binasa".(Shalih Jami').

4. Doa
   Doa adalah senjatanya seorang muslim yang paling ampuh dalam menangkal virus malas dari  godaan syetan maka mintalah selalu kepada allah dengan perendahan diri agar tetap semangat, agar  jauh dari sifat malas.
   Rasulullah saw memberitaukan kita semua dalam sebuah doa : "Ya Allah, Aku berlindung kepada-  mu dari masa lemah dan malas; dari rasa takut, tua, dan bakhil. Dan aku berlindung kepada-mu dari  siksa kubur dan fitnah hidup dan kematian. (HR> Bukhari dan Muslim).

   Setiap manusia diciptakan dengan kemampuan yang terbaik namun yang membedakan tingkat  kemalasan seperti firman Allah swt : Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk  yang sebaik - baiknya (Surat At-tin: ayat 4).
   jadi untuk apa bermalas - malassan yang tidak membawa guna sekalipun


 semoga ini bermanfaat bagi yang pembaca, lebih dan kurang saya mohon maaf...? Assalamualikum  warahmatullahhi wabarakatuh