Ilmu Dan Hukum Ekonomi

A. Pengertian ilmu ekonomi

1. Arti ekonomi dan ilmu ekonomi
    Kata ekonomi (economic) berasal dari bahasa yunani, yaitu oikos nomos atau oiko nomos yang artinya mengatur rumah tangga atau pengaturan rumah tangga. jadi, pada awalnya ekonomi diartikan sebagai segala sesuatu yang menyangkut dengan rumah tangga.

   seorang ahli ekonomi, samuelson (1955) menyebutkan bahwa ilmu ekonomi (economi) adalah studi bagaimana orang - orang dan masyarakat membuat pilihan, dengar atau tanpa uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai carauntuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumen, sekarang dan masa datang, kepada berbagai orang dan masyarakat.

   Ahli ekonomi lainnya, salvatore dan diulio (1980), menyebutkan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari individu dan organisasi - organisasi yang berkepincung dalam kegiatan produksi, pertukaran dan konsumsi barang serta jasa
   
   Dengan demikian, ilmu dapat dikatakan sebagai ilmu sosial, yang mempelajari individu - individu (orang - orang) dan organisasi - organisasi yang berkecipung dalam kegiatan produksi (production), pertukaran (exchange), dan konsumsi (comsumption) barang dan atau jasa.

  Dari definisi - difinisi yang diungkapkan atas cukup jelas bahwa ilmu ekonomi diarahkan untuk mempelajari bagaimana manusia memenuhi kebutuhan hidupnya, yang untuk memperolehnya memerlukan pengorbanan karena ketersediaan alat pemuas kebutuhan yang terbatas.
 
  Berdarsarkan ruang lingkup ilmu ekonomi dibagi dua yaitu :
1. ilmu ekonomi micro yaitu ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi dari satuan pengambilan               keputusan individu seperti, konsumen, pemilik sumber daya dan perusahaan - perusahaan dalam         perekonomian bebas usaha aspek analisisnya antara lain.

  1. analisis biaya dan manfaat 
  2. tiori permintaan dan penawaran 
  3. elastisitas 
  4. model - model pasar 
  5. industri
  6. tiori produksi
  7. tiori harga
 2. ilmu ekonomi macro yaitu ilmu ekonomi mempelajarikebutuhan keluarga, tingkat pendapatan nasional, jumlah seluruh lapangan kerja dan tinkat harga umum dalam perekonomian aspek analisis ekonomi macro antara lain.
  1. pendapatan nasional 
  2. inventasi 
  3. kesepakatan kerja 
  4. inflasi 
  5. neraca pembayaran 



Previous
Next Post »