Pengertian Akuntansi, Bidang - bidang Spesialis Akuntansi

saya akan menjelaskan tentang akuntansi

Pengertian akuntansi
Menurut (AAA), terjemahannya yaitu, Akuntansi adalah proses identifikasi, pengukuran dan penyampaian informasi ekonomis untuk memungkinkan perbuatan pertimbangan - pertimbangan dan pengambilan keputusan yang tegas dan jelas oleh pemakai informasi tersebut.

Dipandang dari sudut fungsi dan kegunaannya, akuntansi merupakan aktivitas jasa yang menyediakan informasi penting untuk menilai jalannya perusahaan, sehingga memungkinkan pimpinan perusahaan atau pihak - pihak luar perusahaan membuat pertimbangan - pertimbangan dan mengambil keputusan yang tepat.

Dipandang dari sudut kegunaannya, akuntansi adalah suatu proses yand meliputi identifakasi (penentuan), pengukuran dan penyampaian informasi ekonomis
Informasi yang dihasilkan akuntansi adalah data transaksi yang terjadi dalam perusahaan yang dinyatakan dalam satuan uang. oleh karena itu, yang menjadi sasaran dan objek akuntansi adalah transaksi keuangan yang bersifat finansil atau data transaksi yang akibatnya dapat diukur dengan satuan uang.

Dalam pelaksanaannya, semua transaksi keuangan yang terjadi dalam periode tertentu diproses dalam tahap - tahap sebagai berikut:
  1. pengorganisasian dan pengukuran
  2. pencatatan
  3. penggolongan
  4. pengikhtisaran
  5. penyusunan laporan keuangan
Bidang - bidang spesialis akuntansi

Akuntansi keuangan 
Akuntansi keuangan disebut juga akuntansi umum, akuntansi keuangan adalah transaksi keuangan yang menyangkut dengan perubahan harta,hutang, dan modal suatu perusahaan. akuntansi keuangan bertujuan menyajikan laporan keuangan untuk kepentingan pihak intern perusahaan ( manajemen ) atau pihak ekstern misalnya bank, investor, pemerintah dan masyarakat umum.
Akuntansi biaya
Akuntansi biaya adalah transaksi keuangan yang berhubungan dengan biaya - biaya misalnya, biaya - biaya yang berhubungan dengan proses pembuatan produk. akuntansi biaya bertujuan menyediakan informasi biaya yang diperlukan untuk kepentingan interen ( pimpinan perusahaan)

Akuntansi perpajakan 
Akuntansi perpajakan adalah akuntansi yang berhubungan dengan penentuan objek pajak yang menjadi beban perusahaan, serta perhitungan dari kepentingan penyusunan laporan pajak. akuntansi perpajakan  berfungsi membantu manajemen dalam menentukan transaksi - transaksi yang sudah terjadi, sehubungan dengan petimbagan - pertimbangan perpajakan.

Akntansi anggaran 
Akuntansi anggaran adalah akuntansi yang behubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data informasi keuangan yang sudah terjadi, serta taksiran yang akan terjadi

Akuntansi pemeriksaan 
Akuntansi pemeriksaan adalah  akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan terhadap catatan - catatan hasil akuntansi keuangan, yaitu menguji kelayakan laporan keuangan yang dihasilkannya.

Akuntansi pemerintah 
Akuntansi pemerintah adalah akuntansi yang berhubungan dengan masalah keuangan negara atau sering disebut dengan Administrasi Keuangan Negara
Previous
Next Post »