Pengertian pasta spageti, bahan - bahannya dan cara membuatnya

Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, air, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibuat menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Di Indonesia, jenis pasta yang populer misalnya spageti, makaroni dan lasagna.(Wikipedia, 2008)

Nama pasta berasal dari bahasa Itali “Paste”, disebut paste karena terbuat dari adonan tepung gandum dan air. Tepung gandum durum sangat dianjurkan dipakai sebagai bahan utama pembuatan pasta karena diantara tepung gandum yang lain, durum mempunyai keunikan pada kandungan proteinnya. Adonan yang dihasilkan sangat tegar dan liat. Pasta yang dihasilkan juga tidak mudah ambyar.

Dalam bahasa Inggris, pasta adalah sebutan untuk berbagai jenis masakan dengan bahan utama salah satu jenis pasta yang diberi bumbu dan saus. Pasta berasal dari bahasa Italia "pasta alimentare" yang berarti adonan bahan makanan. Dalam arti luas, "pasta" bisa berarti semua adonan seperti adonan roti, pastry, atau cake. Dalam bahasa Italia, pasta yang berarti bahan makanan seperti mi disebut pastasciutta.
Pengertian pasta, bahan - bahannya dan cara membuatnya




Pasta
Bahan:
125 gram terigu (harusnya sih terigu tinggi protein ato tepung semolina yang buat pasta tapi kalo gaada pake terigu biasa gapapa kok)
1 butir telur ayam
1 kuning telur ayam
1 sdm olive oil
1 sdt garam
1 sdm air

Cara:
Pertama, siapin tempat kaya talenan gede ato meja yang udah dialasin plastik buat bikin pasta. Terus taro semua terigu disitu. Bikin mangkok dari terigu gitu deh, ngerti gak? Pokonya kumpulin terigu pake tangan terus bikin buletan di tengah terigunya.
Kedua, kocok telur di wadah, tambahin olive oil, garam, sama air, kocok jadi satu terus masukin ke tengah-tengah terigu tadi.
Ketiga, kocok telur di tengah terigu pake garpu. Kocok pelan-pelan sampe perlahan terigu sekitar nyampur sama telurnya.
Keempat, setelah kocokan telur sama terigu tadi mulai tercampur, uleni adonan pake tangan sampe jadi adonan pasta yang padat, lentur dan ga lengket. Kalo adonannya agak kaku tambahin 1 sdm air ato kalo masih kaku tambahin terus sampe adonan jadi lentur. Kalo adonannya terlalu lengket bisa ditambahin terigu sampe adonan jadi lentur.
Kelima, tutup adonan pake plastic wrap dan diemin selama setengah jam baru di olah. Adonan pasta selesai.

Previous
Next Post »