Konsumen adalah orang yang melakukan kegiatan konsumsi, konsumsi adalah kegiatan seseorang dalam mengurangi / menghasilkan nilai guna suatu barang atau jasa.
perilaku konsumen adalah proses pengambilan keputusan dan aktivitas masing - masing individu yang dilakukan dalam rangka evaluasi, pendapatan, penggunaan atau mengatur barang dan jasa.
1. Faktor - faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
Faktor - faktor mengonsumsi barang atau jasa adalah sebagai berikut :
- Pendapatan
- Harga barang
- Selera individu
- Status sosial
- Kebudayaan
2. Macam - macam perilaku konsumen
1. Perilaku rasional
Perilaku rasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan berdasarkan akal sehat.
- mengonsumsi produk sesuai yang dimiliki
- mongonsumsi produk sesuai kualitasnya
- mengonsusi produk yang benar - benar yang dibutuhkan oleh konsumsi
- mengonsumsi produk yang mampu meberikan kegunaan optimal, maksudny dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama
Perilaku irasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan dangan tidak berdasarkan pada pertimbangan yang baik. perilaku irasional antara lain.
- membeli karena tertarik pada merek
- membeli karena ikut - ikutan / demostretion effect
- membeli karena adanya potongan produk
- membeli karena tertarik iklan produk
- membeli karena ingin mempertahankan prestise
- membeli karena adanya bonus pembelian
EmoticonEmoticon