4 Macam Bahaya menggunakan Headset Bagi Telinga dan Otak

 Penggunaan headset untuk mendengarkan musik secara berlebilan dapat menimbulkan kerusakan pada telinga. lebih parahnya lagi jika hal ini terus dibiarkan, maka potensi kerusakan otak juga dapat pertambah.

 Beberapa potensi penyakit yang dapat ditimbulkan dari penggunaan headset.

1. kerusakan telinga permanen
   kerusakan pada telinga dapat terjadi dikarenakan penggunaan headset secara terus menerus. Hal ini dikarenakan suara keras dari musik yang berasakl dari headset.

   Selain itu, Frekuensi pemakaian yang terlalu lama juga dapat menimbulkan kerusakan telinga permanen seperti pecahnya gendang telinga, yang dapat menurunkan pendengaran anda, bahkan dapat menyebabkan tuli.

2. Kehilangan pendengaran diusia muda
   Banyak anak muda yang menikmati musik, mereka dengan menggeber headsed atau earphone  hingga volume maksimal. jika hal ini dilakukan semenjak masih muda, maka potensi kehilangan pendengaran dini akan semakin cepat terjadi. Ada sebaiknya untuk memberikan jeda beberapa waktu supaya telinga anda bisa terbiasa kembali dengan keadaan default. Jika tidak, maka ketegangan telinga akhibat musik keras akan terus berlangsung sehingga dapat menimbulkan kerusakan telinga permanen.

3. Kerusakan otak
   Earphone atau headset yang digunakan juga ternyata memancarkan gelombang elektromaknetik tersendiri. Hal ini, diyakini dapat memicu kerusakan otak dikarenakan oleh radiasi dari headset atau earphone itu sendiri. Hal ini, dibuktikan dengan pecobaan pada tikus dan tumbuhan. Otak tikus terpengaruh oleh gelombang radiasi ini yang mengakibatkan kerusakan pada otak tikus.sedangkan pada tumbuhan, perlahan kayu dikarenakan paparan musik keras yang menerpa selama beberapa hari. lain dengan yang diberikan pelakuan dengan mainkan musik lembut. Tanaman akan semakin cepat tumbuh dikarenakan adanya stimulasi positif dari musik yang lembut.

4. Infeksi telinga
   penggunaan Earphone In Ear Monitor (EIM) memiliki resiko tinggi untuk membuat telinga terinfeksi. Hal ini, dikarenakan oleh mekanisme penggunaan earphone yang masuk kedalam rongga telinga. Jika earphone yang digunakan tidak bersih, maka potensi terjadi radang pada rongga telinga semakin besar. memang penggunaan EIM ini sangat nyaman dan juga membuat suara yang dihasilkan oleh earphone terdengar sangat jelas.

   Bahkan beberapa model membuat EIM yang benar - benar kedap suara ada baiknya anda tidak meminjamkan EIM anda keorang lain. Ditakutkan bakteri yang ada ditelinga, ikut berpinda keaerphone anda. Jika sudah terkena infeksi, maka telinga akan terasa gatal dan dapat mengurangari pendengaran anda.

   Keempat bahaya diatas semoga dapat mengingatkan para pembaca untuk lebih berhati - hati dalam penggunaan headset atau earphone.
Previous
Next Post »