Bahaya Bertato dan Dilarang Bertato Dalam Islam

  Tato Masih dianggap tagu dan hanya sedikit orang yang menyakiti tubuhnya. maka kini tato justru masih dianggap ekspresi seni yang menempel pada tubuh seseorang. Dibeberapa kota besar studio tato banyak ditemui bahkan beberapa orang secara extrime membuat tato hampir seluruh tubuhnya.

  Hukum Tato Dalam Islam

  Bertato dalam bahasa arab disebut ALWASIB merupakan salah satu yang haram hukumnya bagi agama islam, tindakan ini termasuk menyakiti diri sendiri dan merubah apa yang allah ciptakan dalam diri seseorang.

  Dalam sejarahnya masyarakat areab jahiliah, tato sudah menjadi kebiasaan atau tren bagi wanita arab kala itu. Namun, perlu dengan tegas baginda Rasullah saw melarang hal tersebut. bahkan taukah anda Allah swt melaknat tidak hanya seseorang yang mentato tubuhnya, tetapi juga pembuat tato.
  Rasulullah Saw, Bersabda : "Allah swt melaknat wanita menyambung rambutnya dan yang diminta disambungkan, wanita yang mentato dan yang meminta ditatokan." (HR.Bukhari).

  Selain itu, Alasan lain mengapa tato diharamkan adalah karena prosesnya. Pembuatan tato terdapat Cairan tinta yang masuk kedalam tubuh  seseorang dan akan bercampur dengan darah. sehingga hasil gambar yang terlihat pada kulit adalah campuran antara tinta tato dengan darah yang ada didalam kulit. dengan begitu dibagian luar kulit kita terdapat darah kering yang bercampur dengan tinta yang berbentuk tato. Selain itu, Tato juga penghalang air wudhu dan menjadikan sholat seseorang menjadi tidak sah.
 
  BAHAYA BERTATO
  Dari segi medis tato juga dilarang. orang yag gemar merajai tubuh atau bertato sangat beresiko diserang berbagai penyakit dengan melukai badan dengan bertato ketika jarum tato mulai menusuk anggota tubuh. peluang untuk terluka sangat besar, pada luka itulah bebagai bibit penyakit mengintai dan masuk kedalam tubuh. Luka yang ditimbulkan dapat berakibat iritasi yang berujung kepada infeksi dan berbagai macam penyakit.

  Fakta menunjukkan bahwa orang yang bertato memiliki resiko untuk mendapatkan jenis penyakit seperti : Us Hapatitis B dan C, Kanker kulit, Biso bernanah, bigren, Ganguan Saraf, hingga penyakit lupus. Resiko lain yang harus dihadapi yaitu penggunaan jarum tato yang tidak steril. tiada yang dapat menjamin bahwa pontato menggunakan jarum steril yang baru dan bahkan jarum bekas yang digunakan berulang kali.

  Jika bertato jelas dilarang dan haram hukumnya dalam islam, Lalu bagaimana orang-orang yang telah mentato permanen tubuhnya dan tetap ingin melaksanakan sholat yang utama yaitu sholat. jika seseorang terlanjur bertato tubuhnya dan ingin melaksanakan sholat maka ia harus menghilangkan tatonya terlebh dahulu dan bertaubat serta memohon ampun kepada Allah swt. lalu menjaga diri, dengan tidak melaukan perbuatan mudarat tersebut. namun, Alah swt  sesungguhnya maha penyayang bagi umatnya. jika proses penghapusannya atau menhilangkan tato tersebut, membuat seseorang menjadi cacat atau terangcam dan membawa kemudaratan lainnya. maka cukuplah bagi orang tersebut dengan bertaubat nasuhah atau bertaubat dengan sungguh-sungguh kepada Allah taala. karena, sesungguhnya Allah SWT maha pengampun dan maha pemurah.
  Firman Allah :
  "Hai orang - oarng yang beriman, bertaubatlah kepada allah dengan taubatan nasuhah (taubatan yang semurni - murninya). Mudah - mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan - kesalahanmu dan memasukkanmu kedalam jannah yang mengalil dibawahnya sungai - sungai pada hari ketika allah tiadak menghinakan nabi dan orang - orang mu'min yang bersama dia, sedang cahaya mereka memancar dihadapan dan sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan 'Ya rabb kami sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami. sesungguhnya engkau maha kuasa atas segala sesuatu'." (surat at tahrim, Ayat 8).

  sepeti yang dialami oleh ABDUL MALIK JABRAR yang dahulu merupakan seorang musisi aliran musik meltark park dan juga merupakan seseorang pemberontak. hal tersebut terlihat dari tato dan tindikan yang menghiasi hampir seluruh tubuhnya. Namun, saat Allah SWT berkahendak maka tidak ada sesuatupun kekuatan yang menghalangi hidayah islam yang Allah berikan . kini ABDUL MALIK sudah menjadi muslim yang taat tetapi hiasan tato yang menutupi tubuhnya tidak semuanya dapat dihapus. Namun, dengan perbuatan yang ia lakukan kini ABDUL MALIK tetap dapat menjalankan sholat seperti muslim lainnya.

  Allah telah menciptakan manusia dengan segala kesempurnaannya oleh karenanya Allah taala melaknat orang - orang yang merubah yang telah diciptakannya.
  seprti Firman Allah : "Dan aku akan benar - benar menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan - angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga - telinga binatang ternak) lalu mereka benar - benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka ( mengubah ciptaan allah). lalu benar - bener mengubahnya. Barang siapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah. maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata." (surat An nisaa' ayat 119).

  Maka sebagai seorang muslim yang telah diberi petunjuk yang mana yang hak dan mana yang batil sepatutnyalah kita belajar bagaimana cara merawat tubuh kita sebagai titipan Allah Swt. yaitu dengan menjaga tubuh dengan sebaik - baiknya dan tidak melakukan tindakan yang menyakiti tubuh kita sendiri.
Previous
Next Post »